Selasa, 09 Januari 2024

Apa Aja Sih Tempat Wisata di Indonesia? Ini Dia 5 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi!

     Sumber foto : Foto kekayaan alam Indonesia

Momen liburan menjadi momen yang paling ditunggu oleh hampir semua orang. Liburan menjadi salah satu cara bagi sebagian besar orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, bahkan bisa juga dengan pasangan, istilahnya sekarang adalah quality time atau healing . Selain itu, banyak orang juga menggunakan liburan sebagai salah satu cara melepaskan penat dari rutinitas harian, seperti bekerja, sekolah, dan lain sebagainya.

Negara Indonesia sendiri memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bentang alam negara Indonesia dari Sabang hingga Merauke menawarkan berbagai suguhan keindahan yang luar biasa. 

Jadi, apabila TravellerZ ingin berlibur dengan mengunjungi tempat wisata di Indonesia, artikel ini sangat cocok bagi Kamu, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi ketika liburan. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia, tentu selain dana liburan menjadi lebih hemat, TravelerZ juga bisa mengenal berbagai kekayaan alam dan budaya negara Indonesia, sehingga dapat semakin menumbuhkan rasa cinta dan bangga kepada Indonesia. Yuk, simak artikel di bawah ini!


1.Bali

Bali adalah sebuah wilayah provinsi yang terletak di Indonesia. Ibu kotanya adalah Denpasar. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni budayanya dan juga mitosnya, khususnya bagi para wisatawan. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.



Pesona Pulau Dewata ini memang seolah tak ada habisnya. Keindahan panorama alamnya berpadu dengan keelokan budaya dan kehidupan sehari-sehari masyarakatnya yang unik. Hanya dengan berjalan kaki melintasi jalan-jalan di pinggiran Bali, atau menikmati matahari terbenam di pinggir pantai rasanya akan sangat menyenangkan.

Selain itu, Bali memiliki segala yang disukai wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Jika ingin mengunjungi pantai-pantai cantik berpasir putih, menjelajahi daerah selatan Pulau Bali. Ingin melihat hamparan sawah hijau berlatar birunya langit? Datangi saja Ubud dan Tegalalang. Senang dengan keidupan malam? Legian, Kuta, Seminyak wajib ada di itinerary  Anda. Jika ingin menikmati laut yang tidak terlalu ramai dengan pemandangan spektakuler, Pulau Menjangan di Bali Barat menunggu untuk dijelajahi. Selain itu, ada berbagai Pura eksotis yang tersebar di seluruh Pulau Bali.



2. Geopark Ciletuh Sukabumi



Di Sukabumi terdapat Geopark Ciletuh yang pernah diumumkan sebagai Global Feoparks oleh UNESCO pada beberapa tahun lalu. Banyak pemandangan alam yang bisa TravelerZ nikmati di geopark ini, mulai dari pantai, air terjun, hingga spot-spot foto terbaik di dalamnya.

Di kawasan ini kamu juga bisa mengunjungi sejumlah obyek wisata menarik yang sangat populer. Seperti misalnya Bukit Panenjoan, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Puncak Darma, Vihara Dewi Kwan Im, Sungai Citarik, Kampung Kasepuhan Sinar Resmi, dan masih banyak lagi.


3.KotaYogyakarta

Jogja menjadi tambahan daya tarik bagi TravelerZ yang senang menikmati keindahan budaya dalam suasana yang sederhana. Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia ada di sini. Begitu juga Candi Prambanan dan banyak candi lainnya yang menampilkan indahnya seni arsitektur di masa lampau. Berbagai wisata budaya seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari dan Museum Benteng Vredeburg bisa TravelerZ jelajahi.


Malioboro dan Pasar Beringharjo akan memanjakan kamu yang hobi berbelanja barang murah. Selain wisata budaya, Jogja memiliki keindahan pesona alam yang menunggu untuk dijelajahi. Pantai-pantai di wilayah Gunung Kidul seperti Pantai Siung, Jogan atau Nglambor yang menawarkan panorama eksotis. Banyak banget kan tempat wisata yang harus dikunjungi di kota Yogyakarta.


4. Danau Kelimutu, Flores



Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau. kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Meski begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Danau ini merupakan atraksi yang harus dikunjungi jika menginjakkan kaki di Pulau Flores. Danau ini memiliki cerita yang menarik di setiap warna danaunya. Selain itu, selama perjalanan ke atas danau, TravelerZ dapat mendengar kicauan suara burung yang berbeda-beda yang keluar dari satu burung. Dan jika TravelerZ beruntung, kamu dapat melihat ritual warga lokal yang dilakukan di danau ini.


5. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Seperti yang diketahui, Bunaken menjadi salah satu taman laut pertama di Indonesia yang sudah diresmikan sejak 1991. Keindahan yang ada di dalam laut ini seringkali mengundang decak kagum pengunjungnya. Tidak ada negara lain yang bisa meniru keindahan yang ada di laut Bunaken ini.


Pemandangan terbaiknya berupa terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter. Selain terumbu karang, ada juga puluhan jenis ikan yang memiliki corak yang tak kalah indah. Taman Laut Bunaken juga menawarkan 20 spot penyelaman terbaik. Buat TravellerZ yang hobi menyelam, jangan sampai terlewatkan pengalaman menyelam di taman laut terindah di Indonesia ini.




Itulah tadi berbagai destinasi wisata di Indonesia yang wajib TravelerZ kunjungi. 
Mau tahu lebih banyak rekomendasi ide liburan seru yang bisa TravellerZ coba di dunia? Selalu cek website  https://travelingbrsm.blogspot.com/ ,  ya! >w<


Penulis : Alicia Angeline Surya
Kelas   : XI AKL 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MENGEMBANGKAN BLOG AGAR LEBIH MENARIK, GIMANA YAH CARANNYA...SIMAK YUK!

Seperti yang kita ketahui Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi, seperti artikel, foto, atau video, yang sela...